The Sisterhood Love-Hate Relationship

Baiklah saya akan jujur, sesungguhnya saya sedang kebingungan tentang bagaimana menulis pembukaan untuk tulisan kali ini. Blank, i have nothing in my mind to write it down

Apa sebab?

Ya, karena judul di atas.

Saudara perempuan.

To be honest, saya terkadang lupa kalau punya saudara perempuan πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜…

Gimana dengan teman-teman? How many sister do you have ? And.. do you still remember anything about her?

Adik perempuan saya cuma satu dan dia adalah orang yang mendompleng posisi saya sebagai anak bungsu selama hampir enam tahun. Itulah kenapa papa dan mama sering menyebut saya si bungsu yang tak jadi. Saya sedih, berbagai privilege yang seharusnya saya dapatkan sebagai anak terakhir ternyata harus jatuh ke tangan yang lain.

Namanya Anelies, diambil dari buku Bumi Manusia karangan Pramoedya Ananta Toer. Dia lahir sebelum bulan ramadhan, hari minggu kalau tidak salah. Saya masih ingat bentukan dia saat pertama kali ketemu: tangannya keciiiillll sekali, kulitnya berwarna merah, tampangnya seperti anak monyet. Lucu, batin saya waktu itu.

Hari-hari saya tidak berubah begitu banyak dengan kehadiran seorang adik. Entah kenapa, tapi mungkin karena saya memang tipikal anak yang mandiri sejak kecil jadi ya biasa-biasa saja. Saya tidak cemburu dengan perhatian yang diberikan orang tua saya untuknya saat kecil. Tapi saya merasakan sentakan tidak menyenangkan melihat bagaimana kedua kakak lelaki saya memperlakukan dia. Dudududu, emang bener ya perempuan itu. Belum juga kenal yang namanya cowok udah main cemburu aja, hihi.

Saya enggak begitu merasakan keterikatan dengan Anelies. Faktor perbedaan umur yang cukup panjang saya rasa menjadi penyebabnya. Saya masuk SD dia baru lahir. Saya masuk SMP dia masuk SD. Ya bayangin aja saat saya ngefans sama sherina dia baru belajar ngomong. Saya saat tergila-gila sama bryan-nya westlife dia cuma bisa bengong, masih malu-malu jadi anak SD yang pulang-pergi dianterin mamah. Saya udah merasuk ke dalam kisah hewi potah (pronunciation ala british untuk harry potter) dia barusan aja bisa baca. Saya keliling kota sambil teriak woyooo saat pawai kelulusan dia baru sibuk nyari SMP. Gimana kami bisa ngomong dengan nyambung coba? Sekalinya nyambung paling kalau kami bersatu-padu ngerayu mamah buat makan di luar,buahahahaha.

img-20171229-wa0009559393340.jpg
Saya dan Anelies Jaman dulu *sodorin baskom buat muntah*

Selayaknya hubungan antar manusia, hubungan antara saya dan anelies pun naik-turun. Saya sering merasa kesal ketika disuruh mama untuk sekedar mengantarkan atau menjemput dia di sekolah dan tempat les karena tugas dan kerjaan saya bejibun. Padahal nih ya kalo mau dibandingin, jaman SD dulu saya berangkat-pulang atau kemana-mana sendirian cuma pake sepeda dan mama-papa kayak nggak ada khawatir-khawatirnya deh. Nah, sekalinya si anelies yang begitu mah ampun, mamah bisa dipastikan telepon bolak-balik meminta saya atau m kakak-kakak yang lain jadi supirnya.

My friends, inilah namanya The Power of Anak Bungsu. Kalau misalnya saya yang nggak kelihatan di depan mata mamah akan nyantai-nyantai aja. Ah, ntar juga balik, batin beliau. Nah, coba deh kalau si anelies satu jaaaaammm aja nggak ada kabar, dijamin mamah pasti kebakaran jenggot dan panik level semaput.

Untuk poin yang ini saya enggak ngerasa iri sih, seneng malah. Enggak banyak dicariin orang tua kan tandanya dipercaya ( atau tak dianggap πŸ˜‚), dianggap mampu menjaga diri sendiri dan sudah dewasa sehingga enggak perlu dikintilin terus-terusan. Somehow, saya suka sekali menjadikan ini bahan ece-ecean sama si nelis. Dan layaknya kakak-adik, tiada hari tanpa bertengkar bagi kami berdua.

img-20180111-wa00301360555757.jpg
Saya, Anelies dan dua kakak lainnya *belasan kilogram yang lalu*

Lalu seperti kisah-kisah dalam sebuah buku akhirnya kami bertumbuh, tenggelam dalam kesibukan masing-masing. Minggu berlalu, berubah menjadi tahun. Bertengkar makin lama makin berkurang karena memang jarang ketemu walau serumah. Lalu, tiba-tiba saja saya hendak menikah. Ketika saya mau menjadi istri, si nelis yang bisa dibilang merupakan kembang sepatu cap minyak telon di kampung makin terkenal. Jadilah pacar dia saat saya menikah dengan yusuf, saat wisuda sarjana (hamil muda) serta saat melahirkan yuan adalah tiga orang yang berbeda.

πŸ˜‘πŸ˜‘πŸ˜‘

Anyway, berdasarkan sumber-sumber yang bisa dipercaya si nelis ini ternyata merasa sedih juga loh waktu saya memutuskan untuk kewong. *Pukpukanelies*

Pada saat mendengar si teman ini bercerita, saya sempet curiga dengan alasan kesedihan dia. Itu anak beneran sedih karena kakaknya diambil orang atau sedih karena enggak ada lawan untuk gontok-gontokan lagi? Kalo saya sih sedih karena kehilangan salah satu objek penindasan 🀣🀣🀣

Aduh nel, ngakak bener deh mbak ajeng tiap inget tampangmu kalo lagi ditindas. Muahahahahaha *evillaugh*

Okeh, kembali ke tulisan.

Seperti yang pernah saya tulis di postingan sebelumnya dimana menikah itu menciptakan dimensi baru dalam hubungan kita dengan orang lain. Disinilah letak uniknya keluarga. Bagaimanapun kanal komunikasi dan hubungan kita dengan seseorang yang terikat keturunan itu akan tetap sama. Contoh riilnya ya seperti saya dan anelies ini. Mau sudah sebesar apapun dia, setebal apapun dandanannya, bagi saya, dia tetaplah seorang anak kecil. Padahal ya baru seminggu yang lalu dia menginjak usia dua puluh dua tahun.

Eciyeh, yang baru aja ulang tahun ke dua puluh dua. Bikin saya jadi inget sama lagunya Taylor swift.

Now, I need you to know hey little girl. Here is a little gift for you..

Kamu tahu enggak siapa yang nyanyi sambil lompat-lompat buat bikin kamu berhenti nangis waktu bayi? Itu mbak ajeng loh, coba tanyain sama mamah sana.

Kamu masih inget enggak siapa yang ngajarin kamu naik sepeda di lapangan minggiran?

Kamu masih inget enggak siapa yang pagi-pagi akhirnya ngalah dan bantuin kamu bikin video di alkid buat kompetisi dari toko baju entah apa namanya itu? Sampai kamu akhirnya jadi juara.

Mungkin, mbak Ajeng bukanlah kakak yang asyik untuk diajak bicara dari hati ke hati.

Mungkin, mbak Ajeng bukanlah kakak yang enak untuk diajak berbagi tawa

Mungkin, mbak Ajeng bukanlah kakak yang hore untuk diajak nongkrong bersama

Atau mungkin, mbak Ajeng hanyalah sosok seorang kakak cerewet yang enggak gaul menurut kamu.

To sum up, I’m sorry for not being a good sister for you..

Mbak ajeng hanyalah seseorang yang sudah masuk ke dunia pernikahan, I need to struggling with my own war..

Seluruh perhatian, energi dan perasaan tercurah untuk mengurus anak-anak, suami dan rumah. Mbak Ajeng lupa kalau masih punya adek, ingetnya kalau pas pulang ke jogja atau saat butuh doang. Sounds bad ha?

Kamu harus tahu kalau..

Mbak Ajeng adalah orang yang bengong saat jajan ke outlet Jogja Scrummy-nya Dude Herlino dan melihat kamu jadi bintang iklannya.

Mbak Ajeng cuma bisa mangap waktu makan di X.O Suki dan ngeliat kamu lagi-lagi nangkring jadi salah satu bintang iklan di videonya. Itupun tahunya gegara si Yuan teriak-teriak β€œOnty mah, itu Onty”

Mbak Ajeng pun hampir enggak percaya saat mamah cerita kamu main film bareng sama Fedi Nuril di layar lebarnya Surga Yang Tak Dirindukan. Mbak ajeng shock berat. Walaupun cuma jadi gadis yang ditabrak mobil dan masuk rumah sakit sih, tapi kan tetep baeeee, FEDI NURIL GITU LOOHHH!! Fedi Nuril beneran! drummernya GARASI BAND kaann??!! Fedi Nuril yang tampangnya aduhai amat sangat icik-icik ehem-ehem ituuu!!!

*kemudian istighfar

Duh, makin berasa beda aja ya dunia kita nel?

Mbak Ajeng cuma Diva Rumah Tangga sedangkan kamu sliweran di layar kaca. Mulai dari jadi host untuk acara bahasa jawa Indosiar sampai liputan gigi-nya Pepsodent. Ini belum termasuk acara-acara offline lain yang kamu pandu. Semua itu pun Mbak Ajeng enggak akan pernah tahu kalau mamah nggak ngabarin. Btw, you should say thanks to Mamah, beliau adalah orang di belakang layar yang begitu rajin dan antusias ngabarin jam tayang kamu di TV.

Tahu enggak, kalau lagi liat kamu nongol di TV yang ada di pikiran mbak Ajeng adalah, is that girl really you? Ya Allah, anak kecil yang dulunya suka mewek ketika boneka kelincinya hilang itu sekarang udah jadi tante-tante, eh salah maksudku Tante. Kadang mbak Ajeng pun nggak yakin kalau orang yang pakaiannya rapi banget nyampein berita dalam bahasa Jawa di Indosiar adalah orang yang pernah mbak mintain tolong buat beli Croissant Coklat di Mirota.

Rasanya aneh banget ketika ada temen yang tanya via WA β€œAjeng, adek kamu itu yang masuk ke dalam instagram UGM Cantik kan?”

Yaelah, mana Mbak Ajeng tempe, lha wong waktu itu instagram aja nggak punya.

Orang-orang diluar sana tahu siapa kamu dan bagaimana sepak terjangmu sedangkan mbak Ajeng disini nyantai-nyantai aja glundang-glundung main sama anak-anak dan nyemil gorengan. Bahkan pernah waktu itu si Didi nanyain kontak kamu karena mau nawarin job. Mbak Ajeng bengong dong, nggak yakin kontak kamu di hape mbak masih aktif atau enggak karena saking lupanya kapan terakhir kali kita komunikasi. Yakin deh banyak orang tanya, serius kamu sodaraan sama nelis?

Ngebetein banget kan? Padahal dilihat dari sisi mana saja jelas cantikan mbak Ajeng.

Hubungan kita berdua itu aneh ya nel? Kadang mbak Ajeng sebel banget sama kamu, terutama kalau gaya ngomong oppa-oppanya udah keluar. Hiiiihhh, gemes banget bikin pengen nenggelemin ke empang. Belum lagi kalo kamu udah ngemeng-ngemeng geje, ampuunnnnn rasa ingin ngebully kamu udah enggak bisa ditahan-tahan lagi.

Mungkin kamu disana juga sering kesel dan kecewa dengan berbagai keputusan hidup yang mbak ambil. Tapi toh sekesel-keselnya kamu sama mbak, sikap kamu ke Yuan dan Luna nggak pernah berubah. Enggak pernah mbak Ajeng lihat kamu kesel sama mereka berdua, and I appreciate that, so much. You should know about that…

img-20180111-wa0028346519220.jpg
enin, pakdhe, onty dan yuan jaman 8 bulan kayaknya

Mbak Ajeng agak terharu juga sih waktu kamu menyempatkan diri untuk datang ke rumah di sela-sela jadwal syuting. Walaupun tetep yee, kerjaannya foto-foto sama triplet dan ngabisin jatah rawon doang. Enggak ding, mbak seneng kok waktu kamu makan sampai nambah-nambah dan muji-muji betapa enaknya rawon sederhana masakan mbak Ajeng. Oalah, si nona artis ternyata rindu sama masakan rumah sederhana.

Lalu kamu minta tolong untuk ikutan ngeprint di rumah. Pada suatu ketika, mbak Ajeng membaca berkas-berkas punya kamu, mbak akhirnya menyadari. Ternyata kamu orang yang berdedikasi dan bersikap profesional dalam pekerjaan. Tidak mudah membagi waktu antara kuliah dan bekerja, tapi kamu bisa melakukan keduanya dengan cukup baik.

Pada akhirnya, mbak ajeng enggak peduli kamu akan mengambil jalan yang mana asal masih sesuai dalam koridor agama. Sama seperti kamu yang nggak banyak ambil pusing mbak ajeng mau jadi apa. Dan kepisah jarak sejauh apapun, kita itu saudara nel. Bahkan, semenyebalkan apapun kamu, ada darah yang sama yang mengalir di dalam nadi kita. Dan itulah yang menjadi alasan utama kenapa mbak ajeng peduli sama kamu. Kita itu saudara, titik.

Last but not least

Happy birthday ndut…

Selamat mengisi lembaran baru kehidupanmu di tahun 2018 ini dengan segala hal yang bermanfaat dan bisa mendekatkanmu pada Allah.

Semoga Allah menjaga kamu, mbak ajeng dan orang-orang yang kita sayangi baik di dunia sampai di akhirat nanti..

11 thoughts on “The Sisterhood Love-Hate Relationship

  1. […] Yang pasti, karena ODOP hubungan saya dengan adik perempuan jadi membaik. Eh, kok bisa? Iya, ceritanya waktu itu adik saya ulang tahun. Saya hanya membuat sebuah tulisan untuk dijadikan kado. Jebul, dia sangat terharu dengan tulisan saya, dan entah kenapa ketegangan di antara kami mencair dan komunikasi kami jauh lebih lancar. Temen-temen yang penasaran bisa cek tulisan itu diΒ sini […]

    Like

Leave a comment